Anak Kambing yang Cerdik

Dikisahkan ada sebuah keluarga kambing yang hidup di hutan. Pada suatu ketika, ibu kambing akan pergi ke suatu tempat dan berpesan kepada anaknya untuk tidak membuka pintu untuk orang lain.

Ibu kambing mengajari anaknya sebuah lagu agar si anak tidak salah mengenali. Jika ibu yang datang maka didepan pintu akan ada yang menyanyikan lagu tersebut. Tanpa mereka sangka, ada seekor serigala yang ikut mendengarkannya.

Sesaat setelah ibu kambing pergi, datanglah seekor serigala yang lapar itu. Ia berdiri di depan pintu kemudian menyanyikan lagu yang ibu kambing tadi ajarkan. Anak kambing merasa aneh dengan kejadian ini. Ia pun membatin bahwa tidak mungkin ibunya yang baru saja pergi tapi tiba-tiba kembali. Suara yang ia dengarkan pun berbeda dari suara ibunya.

Ia merasa bimbang mau membukakan pintu atau tidak. Di tengah kebimbangannya, anak kambing memutuskan untuk mengintip lewat celah kecil di bawah pintu. Betapa terkejutnya ia ketika tahu bahwa yang ia lihat bukan sepasang kaki ibunya, melainkan kaki serigala.

Karena ketakutan, kambing kecil itu pun berteriak. Teriakannya itu membuat hewan-hewan lain berdatangan. Hal ini tentu saja membuat serigala gentar dan memutuskan untuk pergi dan tidak jadi memangsa anak kambing.

Nah, dari cerita pendek untuk anak di atas, apakah Bunda bisa menyimpulkan pesan yang dikandung dalam cerita tersebut? Ya, Anda benar sekali. Cerita pendek anak ini akan mengajarkan anak untuk selalu waspada.

Terlalu berlebihan dalam mencurigai orang juga tidak baik, cukup waspada saja. Anak harus diajarkan untuk waspada dan tidak begitu saja percaya pada orang lain karena di luar sana tidak semua orang itu baik dan bisa dipercaya. Bisa saja ada orang yang berniat buruk seperti apa yang serigala lakukan dalam cerita pendek anak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *